Tips Sehat Puasa di Bulan Ramadhan

Sebagai umat muslim, tentu saja menjadi sebuah kewajiban bagi kita untuk menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Bagi sebagian orang mungkin tidak mengerti bahwa sebenarnya puasa memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Sehingga bisa dikatakan kalau puasa di bulan Ramadhan memberikan dampak positif untuk kesehatan. Di bulan suci ini, kita diuji untuk menjaga segala hal dari perbuatan kurang baik dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Satu tahun sekali kita menjalani ibadah ini, sehingga diharapkan bagi kaum muslim yang sudah wajib menjalankannya dianjurkan untuk tidak melewatkan.

Dibalik itu, banyak diantara kita yang sering mengeluh ketika menjalani puasa. Sehingga, disini kita akan sedikit membahas mengenai tips sehat berpuasa di bulan Ramadhan agar kita bisa menjalaninya dengan lancar. Berikut beberapa tips puasa di bulan Ramadhan.

-    Minum yang cukup. Dalam menjalani puasa, Hidrasi menjadi hal yang terpenting. Setelah anda berbuka puasa, segerakan minum dalam jumlah yang besar. Begitu pula ketika sahur, anda juga harus minum secukupnya. Karena kebutuhan hidrasi dalam tubuh kita sekitar 1,5 liter per hari.

-    Makan yang sehat. Cobalah untuk menerapkan diet sehat ketika anda akan berbuka. Jangan sampai anda seperti orang kerasukan dengan memakan habis kue atau makanan yang manis dalam jumlah yang banyak sekalipun tidak bisa memuaskan rasa lapar anda dan malah mengganggu pola makan anda. Lebih baik anda memakan kurma yang bisa mengisi ulang kembali energ anda dengan lebih cepat.

-    Hindari berbuka dalam porsi banyak. Usahakan memulai dengan makan sup, kolak ataupun makanan pembuka lain dan tunggu sampai semua itu meresap di pencernaan anda sebelum akhirnya anda makan besar.

-    Jangan makan banyak. Kebanyakan dari kita memiliki makan makanan yang berat ketika berbuka puasa. Sebenarnya, makan berlebih bukan hanya akan mengganggu tubuh anda tapi juga akan bisa membuat kita ngantuk ketika akan menjalani sholat tawarih.

-    Makan teratur. Walaupun puasa yang kita jalani dari matahari terbit sampai terbenam, tapi sebaiknya anda tetap menjaga pola makan anda tiga kali sehari. Pertama ketika kita sahur, setelah itu berbuka dan yang ketiga setelah 2 atau tiga jam setelah berbuka puasa.

-    Makan buah ketika sahur. Ketika kita sahur, usahakan agar kita memakan buah-buahan untuk bisa mendapatkan vitamin serta sumber karbohidrat seperti nasi dan juga ubi-ubian yang mampu bertahan sampai nanti berbuka puasa.

-    Usahakan tidur siang. Kalau anda memiliki waktu luang, usahakan agar tidur di awal siang agar mampu mengumpulkan energi. Hindari terik matahari dan juga panas yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

-    Minimalkan penggunaan tenaga fisik. Bagi para atlet mereka harus bisa lebih hati-hati ketika berolahraga di siang hari di bulan Ramadhan. Karena mampu menguras tenanga. Disarankan agar berolahraga yang tidak intensif di sore atau sebelum berbuka.

-    Kurangi Makan yang manis. Bagi mereka penderita diabetes, mereka harus rutin memonitor gula darah mereka agar selalu tahu keadaan tubuhnya. Cukup dengan hidrasi dan tidak mengkonsumsi makanan yang manis-manis tanpa sepengetahuan medis.

-    Orang yang lemah fisik. Puasa seharusnya tidak memperburuk status kesehatan orang dengan kondisi medis. Ibu hamil atau menyusui, lansia, pasien hipertensi, penyakit jantung atau asma, biasanya tidak wajib berpuasa Ramadhan. Bila tetap berpuasa, mereka harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan tanda-tanda gangguan kesehatan. Demi keselamatan yang lebih baik, disarankan untuk pergi ke dokter sebelum dan sesudah Ramadhan.

-    Jangan menghentikan pengobatan tanpa nasihat medis. Orang yang harus mendapatkan pengobatan berkala harus mendapatkan saran dari dokter dan ustadz mereka. Mereka tidak harus berpuasa Ramadan jika hal itu membawa risiko pada kesehatan mereka.

-    Segera membatalkan puasa bila mendapatkan masalah kesehatan. Bila Anda mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya Anda tidak berpuasa sehari atau lebih. Hari-hari di mana Anda tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya.

Bagaimana tips diatas. Anda juga bisa melihat mengenai Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan.

0 comments:

Post a Comment