Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Semua hal yang akan kita lakukan nantinya, tentu saja harus memliki persiapan yang matang agar hasil akhir yang kita dapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Begitu pula ketika menyambut bulan suci Ramadhan. Sebentar lagi, seluruh umat muslim akan menjalani ibadah puasa. Bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu oleh semua muslim di seluruh dunia. Bila kita memiliki persiapan yang baik, tentu saja kita akan dengan mudah menjalaninya. Sehingga, kita harus memiliki persiapan ketika menyambut bulan Ramadhan.

Bulan baik, bulan penuh berkah akan lebih indah bila kita melaluinya dengan benar. Banyak hal yang harus kita lakukan di bulan ini dan juga yang dihindari. Baiklah, kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai persiapan untuk menyambut bulan ramadhan 2014.

1.    Persiapan Ilmu
Dengan mempersiapkan ilmu diharapkan agar ketika menjalani aktivitas di bulan Ramadhan ini bisa optimal. Dengan memilki banyak wawasan dan pemahaman yang cukup mengenai Ramadhan akan lebih memudahkan kita melakukan segala hal. Seperti mencari bahan rujukan serta ikut serta dalam majelis ilmu yang membahas mengenai Ramadhan. Dengan melakukan hal tersebut bertujuan untuk bisa mengarahkan agar bisa beribadah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, sebelum, selama dan sesudah Ramadhan. Kita harus mendahulukan ilmu sebelum amal. Sehingga, mulai sekarang kita harus sudah memliki program untuk menambah wawasan mengenai Ramadhan. Jangan sampai hal yang berkaitan dengan Ramadhan baru kita dapatkan sesudah bulan Ramadhan.

2.    Persiapan Semangat
Memiliki semangat tinggi dalam menyambut Ramadhan harus dimiliki jauh-jauh hari sebelum tiba waktunya. Seperti Salafus-Shaleh membaca doa “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan pertemukan kami dengan Ramadhan”. Selain doa, kita juga dapat menambah semangat kita dengan cara memperbanyak ibadah sunnah. Hal terpenting, jangan sampai menjelang Ramadhan dan di bulan Ramadhan melakukan maksiat berbentuk apapun, namun bukan berarti di bulan lainnya kita boleh melakukan hal tersebut. Hal ini ditujukan agar kadar keimanan kita lebih baik ketika akan menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Anggap saja sebagai pemanasan, sehingga disaat kita masuk Ramadhan kita sudah terbiasa dengan kebaikan dan jauh dari keburukan.

3.    Persiapan Fisik
Aktifitas di bulan Ramadhan memerlukan fisik yang lebih prima dari bulan lainnya. Sebab, jika fisik kita lemah, kemulian yang dilimpahkan Allah pada bulan tersebut tidak dapat kita raih secara maksimal. Kita harus membiasakan hidup sehat dengan mengatur pola makan, istirahat dan beraktifitas secara seimbang, serta cukup berolah raga, agar tubuh kita prima saat Ramadhan tiba.Kita juga harus melatih fisik untuk melakukan puasa sunnah, banyak berinteraksi dengan al-Qur'an, biasa bangun dan shalat malam, dan aktivitas lainnya. Agar kita memiliki ketahanan yang baik saat secara maksimal melakukannya di bulan Ramadhan.

4.    Persiapan Harta
Sebaiknya, sebelum Ramadhan tiba kita sudah memiliki perbekalan harta yang cukup. Sehingga saat Ramadhan, waktu kita bisa lebih difokuskan untuk beribadah. Lebih dari itu, persiapan harta adalah untuk melipatgandakan sedekah atau infaq kita di bulan Ramadhan. Apalagi pahalanya dilipatgandakan oleh Allah dan Rasulullah telah mencontohkan kedermawanan yang sangat tinggi di bulan ini. Harus diingat pula bahwa, persiapan harta bukan untuk membeli keperluan buka puasa atau hidangan lebaran secara berlebihan sebagaimana tradisi masyarakat kita selama ini, yang bahkan cenderung ke arah israf dan tabdzir.

5.    Persiapan Target Peningkatan diri
Juga penting untuk kita persiapkan adalah target-target yang ingin kita capai di bulan Ramadhan nanti. Agar terjadi peningkatan dalam diri kita sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya target mengkhatamkan Al-quran atau menghafalnya, target penguasaan bahasa Arab atau melancarkannya, target menamatkan kitab-kitab tafsir, hadits dan lainnya, target jumlah infaq, membantu orang yang kesusahan, dan yang semisalnya. Baik dari sisi kwalitas maupun kwantitasnya. Pembuatan target capaian bulan Ramadhan akan memacu kita untuk beramal lebih baik lagi dari sebelumnya. Selain untuk pribadi, dalam keluarga atau organisasi kita-pun sebaiknya juga dirancang target-target bersama yang akan dicapai di bulan Ramadhan ini.
Dengan memiliki persiapan ini, semoga saja karunia terbesar di bulan Suci Ramadhan dapat diraih dengan maksimal. Semoga saja, Ramadhan di tahun ini bisa lebih baik dan bermakna dari sebelumnnya.

0 comments:

Post a Comment