Tips Konsumsi Makanan Selama Bulan Puasa


Persiapan demi persiapan telah dilakukan oleh para muslim di seluruh dunia, khususnya di Indonesia sendiri. Banyak cara dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. Salah satunya adalah mempersiapkan konsumsi yang sehat dan bergizi selama bulan puasa. Kita memang harus tahu dan mengerti mengenai cara menjaga makanan selama bulan puasa. Dengan pola konsumsi yang teratur, bisa jadi penyakit yang ada dalam tubuh kita bisa sembuh, amin. Yang penting kita iklhas serta niat yang baik karena Allah SWT. 

Tujuan kita mengikuti pola sehat dalam puasa adalah agar bisa lancar sampai akhir menjalani ibadah puasa. Karena puasa memang banyak sekali manfaatnya, di ilmu kedokteran pun sudah banyak menjelaskan tentang fungsi serta manfaat puasa untuk tubuh kita. Untuk itu, kita disini akan sedikit membuka wacana mengenai tips konsumsi makanan selama bulan puasa. Berikut ini adalah masukan bagi anda untuk mengkonsumsi makanan selama puasa

1. konsumsi makanan yang bergizi baik saat sahur ataupun berbuka. Tidak harus mahal dan mewah makanan yang harus kita santap. Yang terpenting tetap mengandung 5 unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat dan juga vitamin.

2. untuk kalian yang mau dan bisa kuat menahan lapar, alangkah baiknya anda mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat, dan semua itu terdapat di dalam sayuran dan buah-buahan. Karena, tubuh kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mencerna makanan yang mengandung serat.

3. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, usahakan banyak minum air putih ketika anda sahur dan juga berbuka selama bulan Ramadhan.

4. Setelah menjalan makan sahur, hindari agar tidak langsung tidur, menunaikan sholat subuh lebih dulu, kemudian biarkan tubuh kita mencerna makanan dengan baik setelah itu anda boleh untuk tidur.

5. Ketika berbuka puasa, usahakan jangan langsung meminum es atau jenis minuman yang mengandung air es. Tapi cobalah sobat untuk meminum air hangat. Hal ini dimaksudkan agar perut anda bisa kembung karena asam lambung yang ada dalam tubuh kita terbentuk semakin banyak.

6. Setelah berbuka, jangan langsung makan besar, lebih baik sholat maghrib dulu, kemudian makanlah yang ringan dulu biar lambung tidak kaget setelah kosong seharian dan memerlukan ruang kosong untuk mencerna makanan. Baru setelah beberapa lama atau setelah sholat tarawih sobat bisa makan besar. Nah itulah beberapa tips konsumsi makanan dibulan puasa agar tubuh kita senantiasa sehat.

Beberapa tips sehat diatas semoga bisa bermanfaat untuk sobat semuanya. Dan selamat menunaikan ibadah puasa dengan nyaman serta sukses. Anda juga bisa menjadikan Tips Sehat Puasa di Bulan Ramadhan sebagai referensi anda. Terima kasih.


0 comments:

Post a Comment