Meraih Sukses diusia Muda

Mampu meraih sukses di usia muda tentu  menjadi impian setiap orang. Mereka ingin mendapatkan kesuksesan di usia yang masih muda agar perjalanan hidup mereka kedepannya bisa menjadi lebih baik. Dalam hal ini, sukses yang bisa mendapatkan kemapanan dalam usaha ataupun kegiatan yang sedang digelutinya. Akan tetapi, paradigma yang saat ini berkembang di masyarakat luas adalah bahwa untuk bisa mendapatkan sebuah predikat sukses harus menunggu sampai usia mencapai 45 hingga 50 tahun. Pemikiran semacam ini selayaknya harus kita buang dalam pikiran kita, karena mampu menjadi penghambat berkembangnya kreativitas dan daya pikir modern. Terlebih bagi mereka para pengusaha muda dan juga generasi penerus bangsa lainnya.

Perlu anda ketahui, bahwa sebenarnya kesuksesan itu bisa kita dapatkan di usia muda, ketika semangat untuk mendapatkan mimpi sedang berada di titip kulminasi tertinggi, atau lebih dikenal dengan istilah young on top. Anda bisa melihat cara untuk bisa menjadi orang sukses di usia muda lewat buku yang di tulis oleh seorang pengusaha sukses ternama di Indonesia, Bily Boen yang menjelaskan mengenai cara dan langkah yang dibutuhkan untuk bisa berada di puncak karir, tentu saja semua yang dijelaskan dalam buku tersebut merupakan hasil dari pengalaman yang ia dapatkan selama menjalani kariernya. Dalam buku tersebut, Billy juga menulis tentang tips dan trik bagaimana bersikap ketika mengambil langkah dan inovasi baru untuk mengembangkan diri dan bisa lebih baik lagi dalam berinteraksi dengan sesama, yang diharapakan bisa untuk memberikan inspirasi dan pencerahan baru untuk semua eksekutif muda dan juga para generasi muda terbaik tanah air. 

Secara umum, buku yang berisi 35 kunci menjadi sukses di usia muda, memberikan pembahasan yang telah dibagi menjadi empat pembahasan utama. Di bagian pertama buku tersebut berusaha untuk mengajak para pembaca untuk bisa lebih mengenal potensi diri yang nantinya akan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, konsep kerja juga usaha yang akan dijalani. Bahasan kedua dan ketiga, tentang pematangan potensi dan penggalian seluruh kemampuan serta kiat untuk selalu berani menghadapi segala jenis dan bentuk “badai” kehidupan. Bagian keempat dalam buku ini mengingatkan kita untuk mau instropeksi dan muhasabah diri tiap saatnya dan semangat untuk selalu siap menyongsong masa depan yang lebih baik. Hal terpenting adalah bisa membedakan Antara Kenyataan dan Impian.

Di antara pesan yang disampaikan Billy dalam buku ini adalah,  “Love what you do and do what you love, cintai apa yang kamu kerjakan dan kerjakan apa yang kamu cintai, itulah modal awal yang akan membuat apa yang kita menjadi lebih semangat dan fokus atas semua tugas dan pekerjaan.

Stephen R. Covey, penulis buku the 7 habits of  highly effective people, pernah menyuarakan sebuah gagasan “Begin with the end Mind”. Artinya, pada saat ingin memulai sesuatu, kita terlebih dahulu harus memiliki gambaran usaha dan hasil yang ingin dicapai secara jelas, bisa disingkat dalam sebuah pertanyaan “Apa yang kita inginkan dari kehidupan yang singkat ini? juga, Mau jadi apa nanti kalau sudah besar? Jawab sejujur-jujurnya dalam hati nurani yang terdalam dengan semangat mengubah nasib dan masa depan. 
mencari dan mengetahui suatu jenis pekerjaan yang kita sukai atau bahkan kita cintai adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk memilih karier. Adapun waktu terbaik untuk menentukan karir atau harapan adalah sebelum kita menentukan suatu langkah dalam kehidupan. (Hlm. 5)

Tidak hanya itu, Billy juga menekankan kepada seluruh pembaca untuk selalu memaksimalkan semua usaha dan tugas kegiatan yang digeluti dengan semaksimal mungkin, dengan terus berusaha maksimal kita akan selalu mendapatkan kepuasan batin yang nantinya bisa menepis rasa penyesalan di akhir (Hlm. 63)

Kunci sukses yang tak kalah penting lainya adalah kecakapan membangun relasi, atau Make a lot of friends. Sebagai makhluk sosial tentu kita tidak akan pernah bisa hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Dalam hal ini kita juga harus menyadari bahwa dengan semakin banyak teman dan relasi yang kita bangun akan semakin memudahkan langkah kita untuk bisa mengembankan usaha dan kegiatan yang tengah kita kerjakan, dengan catatan kita harus mau membangun relasi (berteman) dengan siapapun dengan tulus.

Maksudnya adalah tidak pilih-pilih dalam berteman, jika teman kita memiliki pengaruh positif, sebaiknya kita analisis sisi positif dari mereka supaya bisa kita contoh dan amalkan dalam kehidupan kita. Pun dengan teman yang dirasa memiliki pengaruh negatif, sebaiknya tidak kita benci dan jauhkan begitu saja, tetapi mau merenungi sisi negatifnya untuk nantinya kita pelajari dan tidak kita terapkan dalam kehidupan kita. (Hlm.118).

Dengan bahasa yang santun dan mudah dimengerti, Billy memaparkan kiat meraih sukses secara sistematis. Sungguh sangat berguna dan layak dibaca oleh kaum muda yang mendambakan kesuksesan di masa mudanya. Namun yang harus dipahami dari ini semua adalah bahwa sesungguhnya tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan, selain usaha dan kemauan yang tinggi untuk sukses. Yang nantinya, hanya kitalah yang dapat menentukan sejauhmana sukses yang kita inginkan, karena substansi dan capaian kesuksesan seseorang itu relatif, kita jualah yang menentukan ukuran  dan definisi sukses yang terbaik untuk diri kita. Harapanya, kita selalu diberi kemudahan dalam menentukan sikap dan langkah meraih kesuksesan. Kalau bisa sukses di usia muda, kenapa mesti nunggu tua?


1 comments:

  1. bagus gan artikelnya.. jangan lupa mampir sini ya.. :http://www.duniapemuda.tk/

    ReplyDelete